Home Sejarah

Masjid Rahmadtullah Dipugar, Keinginan Masyarakat Ngepon Terwujud

by Berita Bagus - 17 Juli 2022, 18:38 WIB

Tuban - Setelah sekian lamanya masyarakat Desa Ngepon, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini mengidamkan Masjid kebanggaan mereka dibangun dengan konsep moderen, hari ini Minggu (17/07/2022), keinginan tersebut terwujud, suasana haru dan bahagia pun menyelimuti warga desa ini.

Pemugaran Masjid yang berdekatan dengan makam wali Mbah Punjul ini, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kepala Desa Ngepon bersama segenap forkopimcam Jatirogo yang turut serta mendukung pemugaran tempat ibadah umat muslim di desa tersebut.

Menurut Suratmin (49) takmir masjid Desa Ngepon, rencana pembangunan masjid ini memang sudah sejak lama. Selain sebagai tempat ibadah kebanggaan warga, juga sebagai tempat untuk memberikan sajian terbaik bagi para tamu dari luar desa dan luar daerah yang berkunjung ke pemakaman waliyullah Mbah Punjul yang kebetulan berada di desa ini, ketika mereka singgah untuk melaksanakan ibadah shalat.

"Harapan kami, perjuangan masyarakat bersama Kepala Desa Ngepon ini, dapat menyelesaikan pekerjaan pemugaran dalam kurun waktu setahun kedepan," ujarnya penuh harap.

Disamping itu, masih menurut Suratmin, sejarah Masjid ini pun tidak terlepas dari keluarga Kades M Ali Mansyur, sebab awal pendiriannya dulu adalah kakek dari kades yang memimpin Ngepon saat ini.

Suratmin membeberkan sejarah, bahwa tanah yang menjadi tempat pendirian masjid lama tersebut, dahulunya adalah milik Mbah Abu Rohmad yang diwakafkan. Kemudian untuk tanah yang berada di sebelah masjid sebidang untuk perluasan itu merupakan tanah yang dibeli atas swadaya masyarakat Ngepon.

"Mbah Abu Rohmad itu tokoh pejuang penyebar Agama Islam di desa ini mas, makam beliau ada di belakang masjid itu, secara fisik maupun non fisik, Mbah Abu Rohmad itu sangat luar biasa dan Pak Kades M Ali Mansyur ini adalah cucu dari Beliau," imbuhnya

Sementara itu M Ali Mansyur, Kades Ngepon kepada beritabagus (17/072022), mengungkapkan rasa syukur dan kebahagiaan yang tak terhingga, karena kegiatan pemugaran Masjid Rahmadtullah yang diawali dengan tasyakuran dan peletakan batu pertama hari ini, mendapat dukungan dari segenap Forkopimcam Jatirogo, baik itu Camat Jatirogo, Danramil dan Kapolsek yang turut hadir.

Terlebih lagi utamanya adalah kehadiran serta dukungan dari salah satu pengusaha di Desa Ngepon, yaitu Diah kusdiati yang biasa di panggil Bu Hanung, beserta seluruh Masyarakat Desa Ngepon yang tumpah ruah dengan penuh kebahagiaan, serta antusiame yang tinggi dalam kegiatan pemugaran Masjid kebanggaan mereka tersebut.

"Semoga dengan pemugaran Masjid Rahmadtullah ini, kedepannya akan semakin membuat Masyarakat Ngepon menjadi lebih rukun, bersatu membangun Desanya," ungkap Mansyur.

Seperti kata pepatah, "Buah jatuh tak akan jauh dari pohonnya," begitulah sekiranya darah juang dari Kakek Abu Rohmad ini menurun kapda Sang Cucu untuk membangun Desa Ngepon menjadi desa yang lebih religius dan berperadaban islami. (Agon/red)

Share :

Berita Popular