IMG
Share :

BUMDes Desa Melati II Berhasil menjadi Acuan Untuk Bimtek Study Banding Desa lain
Sosial Budaya - 16 Nov 2019 19:33

Sumatera Utara,Sergai - Lembaga Pembangunan Manajemen Pembangunan ( LAMPAMAP ) Provinsi Sumatra Utara dengan menggandeng Peserta yang berasal dari Aparatur Desa Se - Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Nias , Sumut .

LAMPAMAP membawa aparatur Desa yang ada di dua kabupaten tersebut guna untuk Bimbingan Teknis dan Study Banding ke desa Melati II yang telah berhasil dibilang BUMDes menjadi Lokasi Edukasi Desa Wisata Tani . Rabu ( 10 : 00 wib )

Dalam Bimtek dan Study Banding yang membawa tema " Tata Kelola dan Pengembangan Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) Sabtu 16 November 2019 .

Dalam kegiatan Bimtek dan Study Banding tersebut dihadiri oleh , Kepala Desa Melati II ( Supardi ) Inkubator desa melati II ( M.D . Safrizal ) Ketua TPKK / Pel , Ketua Pokja ( Samsul Sejabat ) Direktur BUMDes ( M . Yakub Saragih ) ketua BPD ( Amat ) , Ketua LKMD dan Sekertaris Desa Melati II ( Suherman ) Sementara dari LAMPAMAP hadir langsung Direktur LAMPAMAP ( Kurnia Wati T.B.Sc ) dan didampingi ol h para Stafnya Muklis , Dely dan Novi .

Dalam Sambutannya Pak Supardi mengatakan " BUMDes melati II Khususnya sangat bersenergi , Inovasi , Edukasi untuk menjadi Bumdes Mahadani yang dapat meningkatkan Ekonomi  Desa dan pendapatan Masyarakat di Desa Melati II " ucap Supardi .

Supardi juga menambahkan "Pemdes Melati II sebelumnya Berterimakasih kepada Bapak Bupati Sergai H . Soekirman , Kadis Parawisata Sergai dan Bapak Kadis PMD yang telah yang telah memberikan Inovasi dan ide dalam kelancaran dan kemudahan BUMDes Madani Desa Melati II .
Keberhasilan dan Majunya Wisata Tani desa melati II tidak luput dari perhatian - perhatian pemerintah Daerah Kabupaten Serdang Bedagai " ucap kades            

Supardi juga membuahkan "  semoga dengan kunjungan para Aparatur Desa dari dua ( 2 ) kabupaten Humbang Hasundutan dan Nias membawa pengetahuan tentang  Bumdes dan dapat di tuangkan kemusyawarah  yang ada didesa - desa kita Masing - masing .

Pada kunjungan ke 2 ( dua ) oleh LEMPAMAP keDesa yang telah menjadi Inovasi Wisata Tani Desa Melati II , Kecamatan Perbaungan , Kabupaten Serdang Bedagai ( Sergai ) Sumatra Utara ,  Supaya kedepannya agar setiap Tamu yang akan berkunjung ke Desa Wisata Tani dapat Menginap di Home Sate yang tersedia di Desa Melati II dari pada menginap di Hotel .

Home Sate tersebut dapat menambah Ekonomi Masyarakat Desa Melati II dan mendongkrak pendapatan Desa " kata Supardi .

Salah satu kades dari Kabupaten Nias mengatakan " Saya sangat terkesan dengan Pengelolaan Bumdes yang ada di desa melati II dengan Luas Desa dan Jumlah penduduk yang sangat banyak ,  Bisa berhasil dalam Membuat Wisata Tani sebagai Inovasi Desa Melati II .

Hasil wawancara kepada Desa salah satu kepala desa , Mengatakan " Mewakili Rombongan kabupaten.(Jrd)