Home Peristiwa

Hujan Deras, Banjir melanda kota

by Berita Bagus - 30 November 2020, 04:44 WIB

Rembang – Banjir besar terjadi di sejumlah lokasi Kabupaten Rembang, setelah hujan deras mengguyur sejak Minggu sore (29 November 2020). Bencana ini dianggap paling parah, setidaknya dalam kurun waktu 20 tahun terakhir.

Jalan Pemuda Rembang sisi barat misalnya, dari Perempatan Galonan sampai depan Perumahan Puri Mondoteko, berubah seperti aliran sungai. Jalan tidak terlihat, karena tertutup air.

Di jalan nasional Rembang – Blora, banjir juga menggenang di depan Rumah Sakit Bhina Bhakti Husada dan depan GOR Mbesi. Seorang petugas Bina Marga, Didik Purnomo menjelaskan pihaknya bersama sejumlah pekerja turun, untuk melakukan penanganan jangka pendek. Salah satunya membersihkan saluran air yang tersumbat.

“Saluran sebenarnya sudah rutin dibersihkan, tapi karena debet airnya terlalu besar ya tetap meluap ke jalan, “ ungkapnya saat memantau banjir di depan RS Bhina Bhakti Husada.

Ia mengakui saluran air terbatas. Untuk saluran air di sebelah barat jalan, menurut rencana baru akan dibangun tahun 2021.

“Tapi kalau kondisinya seperti ini terus, semoga bisa dipercepat mas, “ imbuh Didik.

Di Jl. Rembang – Blora, petugas Satuan Lalu Lintas Polres Rembang terlihat memantau situasi. Mereka bahkan beberapa kali membantu mendorong mobil yang mogok di tengah jalan, akibat mesin kendaraan kemasukan air.

Ipda Yuli Sri Mulyani, petugas Satlantas Polres Rembang mengatakan untuk sepeda motor dan mobil kecil, disarankan menepi dulu atau memilih menggunakan jalur lain. Tapi untuk kendaraan besar, menurutnya masih aman melintas.

“Kami tempatkan anggota di Perempatan Galonan dan titik banjir Jl. Rembang – Blora, guna mengantisipasi antrean kendaraan, “ tuturnya.

Sekira pukul 20.00 Wib Minggu malam, banjir di Jl. Rembang – Blora mulai berangsur-angsur surut. Namun pengguna jalan dihimbau tetap waspada, karena jalan licin akibat endapan lumpur sisa banjir. (Reza)

Share :

Berita Popular