Home / Sosial Budaya

Hasilkan Padi 8 Hingga 14 Ton/Tahun, Kadis DKPP Rohil: Unggulkan Gerakan Tanam P2

Berita Bagus - 12 Mei 2022, 11:04 WIB

ROHIL, Beritabagus.co.id | Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H.Muhammad Rusli Syarief, S.Sos Mengatakan bahwa DKPP terdiri dari 4 Dinas yang digabung menjadi satu yaitu Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan dan Dinas Peternakan.

Didalam kegiatan sehari-hari, tentu dukungan dari seluruh staff yang berjumlah 89 orang, dan Kebawah kami didukung oleh BPP (Badan Penyuluh Pertanian/peternakan) yang berjumlah sebanyak 56 orang. katanya ketika ditemui diruang kerjanya pada Selasa, 11 Mei 2022 sekitar pukul 11.30 WIB

H. Muhammad Rusli Syarief, S.Sos kelahiran
Kisaran, 11 November 1963 mengatakan "Pertanian ini adalah termasuk program unggulan dari kabupaten Rokan hilir, sesuai itu tertuang dalam visi misi bupati Rokan hilir poin 4 yaitu "mensejahterakan rakyat atau masyarakat dengan pola pertanian, perkebunan. Perternakan, dan perikanan".

Itu yang harus kita dukung. Bagaimana program yang direncanakan oleh bapak bupati Rohil Afrizal Sintong bisa terealisasi dilapangan.Tambahnya.


Dia juga mengatakan dua tahun terakhir ini pihak telah melaksanakan program dibidang pertanian yaitu "Gerakan Tanam P2.


Gerakan Tanam P2 adalah Gerakan panen satu tahun dua kali, beda pada tahun-tahun sebelum nya, ketika kita menerapkan Gerakan Tanam P1 yang hanya panen satu tahun sekali.

Perbedaan nya adalah kalau P1 hasil pertanian seperti padi untuk satu hektar hanya menghasilkan 4 - 6 ton/tahun dan P2 satu hektar bisa menghasilkan 8 - 14 ton padi pertahun. Dan 2 tahun terakhir ini P2 sudah Berjalan kecamatan Bangko, kecamatan Sinaboi, Kecamatan Batu Hampar, kecamatan rimba melintang,kecamatan kubu dan kecamatan kubu babussalam kabupaten Rokan hilir "jelasnya.

Lanjutnya untuk program dibidang peternakan sekarang kita membantu masyarakat ,untuk satu kelompok peternak berjumlah 10 orang akan diberikan 20 ekor hewan ternak seperti sapi, artinya satu orang mendapatkan 2 ekor sapi. Ini kita buatkan kontraknya, "mereka tidak bisa menjual sembarangan ternak yang telah diberikan, siapa yang ketahuan menjual maka siap untuk menggantikannya". Nah Yang boleh dijual itu adalah 2 tahun setelah ternaknya berkembangbiak , artinya anaknya yang boleh dijual. "Jelasnya.

Rusli kembali menjelaskan " dua tahun terakhir ini kita tidak lagi mendatangkan ternak dari luar, peternakan lokal kita sudah mampu memenuhi 86% masyarakat kita pada saat butuh Hewan Qurban. Hanya tinggal 14 % lagi
Inshaa Allah kedepan akan terpenuhi."tambahnya

dibidang perkebunan ada 2 bidang yang kita bina, yaitu sawit dan karet Juga sudah berjalan dikecamatan lain.

"Rusli juga mengaku bahwa program gerakan tanam P2 sudah disampaikan ke Bupati Rokan Hilir Afrizal sintong

"Bupati menyambut sangat baik program tersebut.

Kedepan untuk pertanian dan peternakan kita masih tetap bertahan pada pola Gerakan P2 supaya bisa terpenuhi seluruh kebutuhan masyarakat kabupaten Rokan hilir.dan rencana seluruh program di DKPP tahun ini sudah selesai di November 2022.Tutupnya (Zul)

Share :

Berita Popular


Menjelang MUNAS PERADI 2020 AD/ART diduga sengaja di Ubah.

Berita Popular

25 Januari 2020, 02:02 WIB

Menjelang MUNAS PERADI 2020 AD/ART diduga sengaja di Ubah.
Sejarah Dan Rangkaian Beserta Makna (Filosofi) Hari Raya Galungan

Berita Popular

14 September 2020, 19:15 WIB

Sejarah Dan Rangkaian Beserta Makna (Filosofi) Hari Raya Galungan
Jadwal Pertandingan Persibo

Berita Popular

01 Agustus 2019, 13:36 WIB

Jadwal Pertandingan Persibo