Home Sosial Budaya

Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian (DKPP) Rohil Gelar Pelatihan Alisthter.

by Berita Bagus - 17 Mei 2023, 21:27 WIB

Rohil, Beritabagus.co.id | Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Rokan Hilir bekerjasama dengan Aliansi
Stewardship Herbisida Terbatas (Alishter), melaksanakan Kegiatan Pelatihan bersama tentang penggunaan Herbisida terbatas.

Kegiatan yang dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Rokan Hilir Aldi, SP, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura  Novri Hendra Gunawan, SP (Narasumber), Dinas Kesehatan Rohil diwakili Joko Sujarno, SKM (Narasumber), Koordinator Alishter Wilayah Sumatera Ir.Syafrizal (Narasumber), Kegiatan ini berpusat di Kantor DKPP Rohil jalan Arena MTQ Batu Enam Kepenghuluan Bagan Punak Meranti Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Rabu (17/05/2023).

Adapun kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari petani yang tersebar di Empat Kecamatan yaitu Kecamatan, (Bangko, Sinaboi, Pekaitan dan Batu Hampar).

Acara dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Rokan Hilir Aldi, SP.

Dalam sambutannya  Aldi mengatakan,
Pelatihan Alishter ini merupakan pelatihan Alishter yang kedua kali nya di Kabupaten Rokan Hilir. Pelatihan ini tujuannya untuk melatih petani tentang penggunaan Herbisida terbatas. Itu dikarenakan Herbisida terbatas dengan bahan aktif paraquat ini tidak bisa digunakan sembarangan.

“Pestisida terbatas adalah Pestisida yang dalam penggunaannya memerlukan persyaratan dan alat-alat pengamanan khusus dan digunakan oleh pengguna bersertifikat. Penggunaannya adalah petani yang harus sudah pernah ikut pelatihan,” jelasnya.

Aldi juga menambahkan dalam upaya penggunaan Pestisida terbatas dengan daya guna yang maksimal dengan dampak negatif se-minimal mungkin terhadap manusia dan lingkungan hidup.

Maka, peredaran, penyimpanan dan penggunaan Pestisida untuk penggunaan terbatas perlu diatur dan mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pendaftaran Pestisida dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 107/PERMENTAN/SR.140/9/2014 Tentang Pengawasan Pestisida.

“Pelaksanaan pelatihan penggunaan Pestisida terbatas ini dilaksanakan oleh Alishter yang merupakan Aliansi Stewarship Herbisida Terbatas. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan kepada peserta agar dapat menggunakan Pestisida terbatas secara benar. Salah satu jenis Pestisida terbatas yang digunakan adalah Herbisida berbahan aktif Parakuat Diklorida,” ucapnya.

Dia juga berharap, setelah pelatihan ini peserta dapat mengimplementasikan materi dan praktik yang dipelajari selama pelatihan.

“Bagi peserta yang sudah menerapkan Pestisida terbatas berbahan aktif Parakuat Diklorida, pelatihan ini menjadi ajang pemutahiran ilmu, keahlian, serta berbagi pengalaman di lapangan.Pungkasnya.(Zul)

Share :

Berita Popular