IMG
Share :

Bunga Rosela, Si Merah yang Kaya Manfaat
Sosial Budaya - 10 May 2021 00:25

Bojonegoro - Berbincang dengan Muhamad Kholiq sungguh menyenangkan. Dia bahkan tak segan memberikan ilmu. Ditemui di gerai Creative Economic Center (CEC) Jalan MH. Thamrin, Minggu (9/5/2021) Kholiq membawa sekarung Bunga Rosella yang masih berwarna merah segar hasil petik sendiri.

Begitu Kholiq, sapaan akrabnya ini mengeluarkan Bunga Rosella, sontak saja diserbu kaum hawa. Maklum, kali ini Kholiq membawa dengan percuma sebagai buah tangan.

Sudah 2 tahun ini, Kholiq menjalankan bisnis Bunga Rosella sebagai pekerjaan sampingan. Sebelumnya dia bekerja di Gresik. Kini, Kholiq lebih memilih bekerja di Kota Ledre saja.

"Sekarang lebih fokus ke batik ecoprint. Sementara budidaya Bunga Rosella untuk sampingan saja. Daun Rosella juga bisa dibuat batik ecoprint," kata pria asal Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro ini.

Kholiq mengatakan, dia memanfaatkan lahan tak terpakai untuk melakukan pembibitan Bunga Rosella. Kini Bunga Rosella miliknya ada 10 pohon. Dalam sekali panen, pria berkulit sawo matang itu bisa menghasilkan 3 sampai 4 kilo.

Satu kilo Bunga Rosella, Kholiq mematok harga Rp 40 ribu. Sementara untuk penjualan, dia mengandalkan penjualan di Pasar Kalitidu dan kiriman ke pabrik-pabrik.

"Dulu sempat ditawarkan untuk warga sekitar. Pertamanya mau, tapi lama-kelamaan banyak yang nggak mau lagi karena belum tahu manfaatnya. Maklum masih di desa," tutur Kholiq dengan sorot mata muram di balik masker yang menutupi sebagian wajahnya.

Untuk mengonsumsi Bunga Rosella, Kholiq mengatakan bisa diseduh menjadi teh. Caranya, bisa langsung direbus atau dikeringkan lebih dulu agar lebih tahan lama. Membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu tergantung cuaca untuk mengeringkan Bunga Rosella yang memang memiliki kelopak bunga cukup tebal.

Sementara berbicara mengenai khasiat, Bunga Rosella yang memiliki nama latin Hibiscus Sabdariffa ini memiliki segudang manfaat kesehatan. Di antaranya, menurunkan tekanan darah tinggi, merangsang sistem kekebalan tubuh, memperlambat laju pertumbuhan sel kanker, menangkal radikal bebas, dan masih banyak manfaat lainnya.

(vie)